dprd-kutim
Parlementaria

Anggota Komisi B Soroti Bimtek Pemkab Kutim

KOTAKU, SANGATTA-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) rutin menggelar bimbingan teknis (Bimtek), dengan beragam macam tema.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Hanya saja, hasil dari bimtek yang cukup menghabiskan anggaran itu belum terlalu maksimal.

Sehingga, hal itu malah menjadi salah satu pekerjaan rumah yang perlu segera diselesaikan. Terutama para aparatur pemerintah melalui berbagai pengembangan kompetensi ASN, pendidikan, pelatihan untuk peningkatan kompetensi.

Menyoroti hal tersebut anggota Komisi B DPRD Kutim Faizal Rachman menyebut, kemampuan kompetensi, mutlak dimiliki oleh aparatur pemerintah sebagai upaya menciptakan kualitas kinerja yang profesional dan akuntabel yang berimplikasi kepada efektivitas dan efisiensi kinerja pelayanan publik.

Meskipun, hampir setiap tahun pemerintah daerah mengalokasikan anggaran untuk peningkatan kualitas SDM baik itu melalui Bimtek maupun pelatihan, namun hingga kini, dia belum melihat hasil dari pengembangan kompetensi yang dibiayai oleh anggaran daerah ini berdampak terhadap kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya lihat setiap tahun pemerintah selalu menganggarkan Bimtek untuk masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tapi kenapa sampai hari ini belum terlihat hasilnya, progres penyerapan anggaran keuangan juga masih sangat sedikit,” terangnya belum lama ini.

Berkaitan dengan regulasi pengelolaan keuangan daerah, politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menyebut, peraturan yang digunakan masih sama.

Yakni mengacu Peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2019. Termasuk terbitnya Peraturan Daerah mengenai pengelolaan keuangan daerah, yang seharusnya menjadi acuan pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Di situ kan lengkap, mekanisme penunjukan PPK, PPTK, termasuk pembagian urusan wajib sudah terlihat jelas dalam aturan itu, termasuk format yang harus digunakan juga lengkap,” tegasnya.

Ia berharap agar pemerintah daerah bisa lebih memaksimalkan para staf yang mengikuti bimtek agar memahami tujuannya. (advertorial)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top